Assalamualaikum ..

Ketemu lagi dengan seri #ibubekerja. Kali ini kita akan bahas beberapa ide belajar bisnis rumahan yang berawal dari hobi.
Jika kita baca tulisan minggu lalu mengenai tips memulai bisnis rumahan, pada point ke 3 mengawali sebuah bisnis dari hobi merupakan awalan yang paling bagus. Mengapa?? karena kita melakukan sesuatu yang kita sukai. Insyaallah kalau kita suka kita tidak merasa terbebani dan lebih menikmati semua prosesnya.

Nah berikut ada beberapa ide bisnis berawal dari hobi yang bisa kita pilih :

1. Kuliner

Buat yang hobi masak sepertinya bisnis kuliner sangat menarik. Ditunjang dengan maraknya sosmed seperti instagram dan facebook sebagai media. Cukup masak seperti yang biasa, trus foto2, pasang di sosmed. Kalau ada acara arisan ato kumpul2 sekalian bawa untuk tester. Ketika ada teman yang nanya2 nah, sekalian tawarkan 'kita juga bisa terima pesanan lho!'. Belum laku?? ya berarti jatah saya itu! eh ralat jatah keluarga ha ha

2. Kerajinan
Suka membuat kerajinan tangan?? sekarang lagi rame tuh .. bikin bros, bikin decoupage, bikin tas anyaman, sampe bikin quilt yang harganya bisa sampe jutaan rupiah. Adakah yang mau beli?? ada aja kok. Seperti yang lainnya juga mulainya ga usah muluk2. Bikin yang cantik untuk diri sendiri. Ato bisa juga sebagai hadiah untuk teman. Jangan lupa foto dan rajin posting hasil kerajinan kita di sosmed. Dasarnya orang Indonesia tuh suka kepo. Biasanya adaaa aja yang nanyain.

3. Fashion
Suka pakai baju bagus?? Ato malah suka menjahit?? Mendesain baju?? wah ini sih ga ada matinya. Selalu ada orang yang membutuhkan baju. Jika memang taste kita bagus soal busana, mengapa ga memulainya menjadi sebuah bisnis.

4. Tanaman Hias
Walaupun tanaman hias bisa dibilang hobi musiman, tetapi tetap bisa dijadikan peluang bisnis yang menarik. Soalnya tanaman juga ada trend nya lho, Misalnya seperti kapan hari trend athurium sampe harga satu tanaman anthurium bisa mengalahkan harga mobil. Kemudian trend sanseviera, puring, dst. Jangan lupa selalu ikuti perkembangan trendnya jika kita akan mengawali hobi ini menjadi bisnis. Orang Indonesia itu paling gila-gilaan kalau sudah hobi. Harga ga menjadi masalah.

5. Binatang Piaraan
Ya biasanya yang suka binatang piaraan sih bapak2. Secara umum piaraan ibu2 sudah banyak ha ha .. just kidding :P. Tapi buat yang memang hobi ga peduli bapak2 ato ibu2 ya ga masalah. Misalnya burung kenari, kucing, anjing dll. Kalau jenisnya memang menarik, anakan binatang piaraan sering dicari orang. Apalagi kalau kita rajin mengikut sertakan ke kontes2 dan juga masuk ke dalam komunitas pencinta binatang. Belum keluar anakannya juga udah bakal diijon tuh he he.

6. Menulis
Hobi menulis banyak banget manfaatnya di hari gini. Yang suka menulis cerita, coba mulai menulis di blog. Siapa tau nantinya bisa seperti Raditya Dika atau Asma Nadia aamiinn he he. Selain itu dengan menjamurnya blogging dan online shop, kebutuhan akan seorang content writer menjadi melonjak. Beberapa bloger kadang memiliki puluhan blog, yang tidak akan kepegang kalau dikerjakan sendiri. Akhirnya penulis konten menjadi pilihannya. Untuk bisa menjadi penulis konten yang baik, jangan lupa untuk selalu mengetahui seluk beluk dunia menulis dan tips serta trik dalam menulis konten yang berkualitas.

7. Fotografi
Menjamurnya online shop menjadi peluang bisnis bagi mereka yang menggemari fotografi. Pasalnya foto yang bagus menjadi ujung tombak pemasaran. Bagaimana makanan menjadi lebih menarik di foto, bagaimana mengeluarkan detil dalam sebuah baju, wah banyak deh. Foto juga memiliki nilai jual. Barang mahal kalau fotonya kurang bagus kemungkinan tidak ada orang yang melirik. Demikian juga sebaliknya.

Nah, coba sekarang dicek dulu teman2 hobinya apa nih?? jangan lupa tulis di komen y
Jangan lupa share jika teman2 merasa postingn ini bermanfaat ;)


Bandung, 15 September 2016
Ully untuk Griya Raditya
www.griyaraditya.com
FB / IG/ G+ : GRIYARADITYA

#tips #ibubekerja #hobi #bisnis #bisnisrumahan #usahasampingan #belajarbisnis

0 comments:

Posting Komentar

 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top