Memasuki bulan ramadhan, Anda mungkin saja mengalami berbagai masalaha pada mulut. Mulai dari bibir pecah-pecah sampai bau mulut. Bau mulut yang kurang sedap dapat membuat anda tidak nyaman, bahkan aktivitas sehari-hari anda juga bisa terganggu.


PENYEBAB BAU MULUT SAAT PUASA 

Selama kita berpuasa kita tidak di perbolehkan minum air. Keadaan mulut yang kering ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena pada saat mulut kering, kadar air liur dalam mulut berkurang.  Padahal air liur berfungsi menetralisir asam yang di hasilkan dari plak. Air liur juga berperan untuk menghilangkan sel-sel mati yang terakumulasi pada lidah, gusi dan pipi. Jika sel-sel mati ini di biarkan saja, maka dapat menyebabkan bau mulut.

Makanan dan minuman yang anda konsumsi saat sahur maupun berbuka juga dapat mempengaruhi bau mulut. Jika anda mengonsumsi  makanan dan minuman yang memiliki aroma menyengat maka bukan tidak memiliki aroma menyengat maka bukan tidak mungkin nafas anda menjadi berbau kurang sedap.


Kurang bersih menyikat gigi juga dapat menjadi penyebab bau mulut saat berpuasa. Untuk membersihkan mulut, menyikat gigi saja tidak cukup. Anda harus menggunakan benang gigi, membersihkan bagian gusi dan membersihan lidah.


MENCEGAH BAU MULUT SAAT PUASA 

jilbab, griyaraditya.com, baumulut, puasa, ramadan, ramadhan, cegahbaumulut


Supaya seharian penuh mulut tetap terasa segar dan bersih, Anda perlu melakukan langkah-langkah Pencegahan bau mulut. Ikuti langkahnya di bawah ini :

1. Hindari makanan yang menyengat saat sahur seperti jengkol atau bawang bombay
2. Hindari makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi.
3. Minum yang banyak air putih. Semakin kering mulut anda semakin kemungkinan munculnya bau mulut.
4. Sebelum tidur kumur-kumur dengan air garam. Larutkan satu sendok garam dalam segelas air hangat. Lalu kumur-kumur selama tiga puluh detik dan buang, jangan di telan. Air garam bekerja seperti antiseptik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut.
5. HIsap dan kunyah jeruk atau lemon saat sahur. Keduanya mampu meningkatkan produksi air liur sehingga mulut pun tak kan jadi kering dan bau.


CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SAAT PUASA

Kalau bau mulut muncul tiba-tiba , Anda mungkin jadi panik atau tidak percaya diri ??
Tenang dulu, anda bisa mencoba 3 cara cepat untuk menghilangkan bau mulut saat puasa berikut ini :

1.Berkumur dengan mouthwash 
Banyaknya bateri di mulut dapat menimbulkan bau mulut. Anda dapat menghilangkan bau mulut dengan berkumur menggunakan mouthwash. Sebaiknya gunakan  mouthwash tanpa alkohol dan pastikan bahwa mouthwash yang anda gunakan dapat membunuh bakteri di mulut. Berkumur secara rutin untuk menghilangkan bau.

2. Sikat Gigi
Setelah sahur jangan lupa sikat gigi dengan menyeluruh. Pastikan anda menjangkau seluruh bagian dalam mulut, termasuk sela-sela gigi.
Sikat gigi di siang atau sore hari juga bisa jadi cara menghilangan bau mulut saat puasa kalau benar-benar di perlukan. Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman kalau harus sikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. Maka cukup basahi sikat gigi dengan air saja tidak perlu menggunakan pasta gigi.

3. Bersihkan Lidah
Lidah juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut. Bila anda merasa napas jadi tidak sedap, Anda bisa membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah yang di jual di toko.
Anda tidak perlu pakai pasta gigi atau memakai air untuk membersihkan lidah. Namun, pastikan alat pembersih lidah dalam keadaan bersih.

koleksi jilbab dan rok-rok panjang cantiknya yukk
Ig : Griya Raditya 
Web : Griya Raditya
Fp : Griyaraditya Almira 

#tipsmencegahbaumulutsaatpuasa #puasa #baumulut #jilbabshakira #jilbabsyar'i #stylesyar'i #jilbabjumbo #ramadan #ramadhan #cegahbaumulut #jilbabmuslimah
 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top