Al-Qur'an adalah sebaik-baik kitab yang di turungkan kepada rasul termulia, untuk umat terbaik yang pernah di lahirkan kepada umat manusia. Al-qur'an di turunkan untuk di baca oleh setiap muslim, di renungkan dan di pahami makna, perintah dan larangannya, kemudian di amalkan. Sehingga ia akan menjadi hujjah baginya dihadapan allah dan memberi syafa'at baginya pada hari kiamat.

Bulan ramdhan memiliki kekhususan dengan al-qur'an sebagai firman ALLAH SWT :


Bulan Ramadhan, yang di dalamnya di turunkan permulaan Al-Qur'an ... (QS.Al-Baqarah : 185)


Menghatamkan al-qur'an memang tidak wajib di bulan ramadhan. Namun sudah semestinya setiap orang menjadikan bulan ramadhan kesempatan untuk lebih dekat dengan ayat-ayat allah.

TIPS KHATAM AL_QUR'AN DI BULAN RAMDHAN 

ramadhan, al-qur'an, menghatamkanal-qur'an, griyaraditya.com, rokceruty,ramadhan, ramadan, khatam


Awalnya mungkin terkesan agak keberatan. Target konsisten 20 halaman per-hari itu di luar kebiasaan. Tapi, ternyata jika anda bagi setiap waktu sholat fardhu maka beban berat itu akan menjadi terasa ringan insya allah. Berarti 20 di bagi 5 waktu sholat fadhu kan ?

Berarti 2 lembar (4 Halaman) Sebelum atau Setelah sholat. Boleh 1 lembar sebelum sholat dan satu lembar setelah sholat atau 2 lembar sekaligus setelah sholat. 

Semangat beribadah di bulan ramadhan ini harusnya juga diimplementasikan dengan melakukan ibadah sesuai kaidah yang telah ditetapkan oleh syari'ah itu sendiri. Dan di bulan ramdhan ini baiknya kita konversi semangat menghatamkan al-qur'an itu menjadi semangat " BELAJAR TAJWID ". jadi bulan ramdhan ini sebutan barunya ialah " Bulan Tajwid".

Satu bulan ini kita khatamkan ilmu tajwid itu, sehingga nantiya ketika keluar bulan ramdhan ini kita sudah mampu membaca al-qur'an dengan benar tanpa salah insya allah .

Ramadhan itu kesempatan emas untuk kita menambah intensitas ibadah kita kepada allah termasuk dengan membaca dan mempelajari Al-Qur'an.


PAHALA- PAHALA MENGHATAMKAN AL_QUR'AN

1. Pahalanya Seperti Sholat Sepanjang Malam
Membaca al-qur'an dengan rutin tiap malam akan dianggap seperti melakukan sholat semalaman, apalagi jika di lakukan sepanjang hari di bulan ramadhan hingga khatam tentu luar biasa. " Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam di tuliskan baginya pahala sholat sepanjang malam." ( HR. Ahmad dan di shahihkan di dalam kitab shahih Al-Jami', no 6468)


2. DiJauhkan Dari Sesat
Di dalam al-qur'an terdapat begitu banyak petunjuk, dengan membaca dan memahami maknanya, ia akan terus mengingat dan mencegahnya dari perbuatan yang salah sehingga ia jauh dari sesat di bulan ramadhan.

3. Djauhkan Dari Penyakit Hati
Bulan Ramadhan ialah bulan dimana banyak orang memohon petunjuk lebih dalam lagi mengenai islam atau hal apapunn hal itu bisa di dapatkan dengan membaca al-qur'an agar tehindar dari penyakit hati.

4. Mulia di Mata Allah
Orang yang khatam al-qur'an dengan kesungguhan dan niat sematakarena ingin mencapai ridha allah maka akan mendapatkan kemuliaan dan derajat yang lebih tinggi di bandingkan manusia lainnya.

5. Berlomba dalam Kebaikan
  Dengan melakukan ibadah tersebut, ia telah berlomba untuk mengalahkan diri sendiri dan mengatur antara kesibukan dunia dan membaca al-qur'an, dan terbukti bahwa ia tidak mementingkan dunia semata.


semoga bermanfaat ..

koleksi rok-rok panjang cantik untuk menemani hari-harimu

Ig : Griyaraditya
Web : Griyaraditya
Fp : Griyaraditya Almira

#tipsmengkhatamkanal-qur'an #ramadhan #khatam #al-qur'an #ramadan #trikkhatam #rokceruty #rokpanjangcantik #rokpanjang #rokbandung #puasa #menghafalal-qur'an 

0 comments:

Posting Komentar

 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top