Assalamualaikum sahabat muslimah..

Bahan lace dan brokat merupakan bahan yang dibuat dengan tehnik tenun dan memiliki struktur yang rentan. Bahan lace memiliki keindahan tekstur dan motif yang memberikan kesan elegan dan cantik sehingga bahan lace sering digunakan sebagai bahan dasar ataupun aplikasi dalam pembuatan pakaian wanita. Diantaranya adalah kebaya, baju, rok, dress, sampai dengan lingerie. Inilah beberapa tips yang dapat diperhatikan untuk menjaga agar busana lace dapat awet dalam kurun waktu yang lama.

Mencuci

Untuk mencuci bahan lace, perlu memperhatikan jenis pakaian dan aplikasi dari pakaian tersebut. Jika pakaian tersebut memiliki bahan campuran silk atau aplikasi mote/payet, maka disarankan pakaian tersebut dicuci ke binatu. Bila anda memutuskan untuk mencuci sendiri, maka cucilah dengan tangan. Hindari mencuci dengan mesin cuci untuk menjaga struktur kain dan bentuk pakaian. Gunakan sedikit detergen lembut atua sampo untuk merendam pakaian. Hindari penggunaan bahan pemembut yang umumnya mengandung wax karena dapat merusak serat bahan. 
Bila terdapat noda, maka oleskan daerah yang terkena noda dengan jeruk nipis seblum merendam pakaian lalu kucek daerah tersebut dengan lembut. Usahakan untuk tidak menyikat bahan lace, karna dapat menyebabkan serat bahan tertarik danberbulu. Rendam sebentar kemudian keringka pakaian.

Menjemur

Dalam mengeringkan bahan lace, tidak disarankan untuk memasukan pakaian kedalam mesin pengering pakaian atau diperas dengan tangan. Cukup tepuk-tepuk halus atau tekan dengan handuk untuk menyerap air. Pemerasan bahan lace dengan mesin atau tangan di khawatirkan dapat merusak struktur bahan dan bentuk pakaian. Hindari menjemur bahan lace dari sinar matahari langsung untuk menjaga warna dan kekuatan sarat bahan.

Menyimpan

Jika bahan pakaian Anda terbuat dari sutra yang ringan, atau dari bahan-bahan yang mudah 'patah', seperti shantung, satin, atau organza, maka Anda dapat menggantung pakaian. Pastikan hanger untuk kebaya dilengkapi padding untuk menjaga, terutama di bagian lengannya tidak koyak. Jika pakaian anda terbuat dari material yang mudah melar dan mengunakan aplikasi mote/payet yang berat, maka disarankan untuk tidak menggantung pakaian anda dengan tujuan agar pakaian tidak berubah bentuk. Cukup dilipat, letakan di tempat yang halus dan kering. Hindari ada kontak dengan benda yang runcing dan tajam agar bahan lace tidak mudah tertarik/rusak. Disarankan untuk meletakkan di dalam kotak atau box agar tidak tertumpuk-tumpuk.

Disarankan untuk tidak menyetrika bahan lace agar seratnya tidak berubah menjadi lemas dan rentan.

Hindari penggunaan kapur barus dalam lemari pakaian. Beberapa bahan lace dan aplikasi mote/payet tidak tahan dengan kapur barus. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna pada kain.

Nah itulah sedikit Tips Merawat Bahan Lace dan Brokat Dari Griya Raditya, semoga dapat bermanfaat..

Artikel ini ditulis ulang oleh Griya Raditya
SMS / WA : 081372507000
PIN BB      : D21D72DC
LINE@      : @griyaraditya (http://line.me/ti/p/%40griyaraditya)

Jangan lupa mampir untuk melihat koleksi Griyaraditya di 
IG / FB /G+ GRIYARADITYA 


#artikel #tips #tipsmerawatbahanlace #rokpanjang #roklace #rokbrokat #rokmusim #rokpesta #rokcantik #jualrok #grosirrok #busanamuslim #fashion #fashionwanita #almira #lace
 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top