Sahabat muslimah menjadi seorang istri sekaligus ibu tidaklah mudah. Salah satunya kita harus pintar-pintar dalam mengatur keungan keluarga yang telah suami kita percayakan kepada kita. Tapi tak usah khawatir @griyaraditya mau kasih tips nya nih. Simak langsung ajah yuuu...

Tips Mengatur Keuangan Dalam Keluarga

1. Pahami Seluruh Aspek Keuangan Keluargamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar dapat mengatur keuangan keluarga dengan lebih baik adalah dengan mengetahui berapa banyak uang yang kamu miliki, pendapatan kamu, dan juga mengetahui semua jumlah tagihan yang harus dibayarkan, seperti tagihan listrik, telepon, belanja bulanan, biaya kesehatan, biaya sekolah anak bahkan sampai biaya yang tidak terduga.
Lalu kamu juga harus selalu mengetahui jumlah tunggakan di kreditmu atau tunggakan lainnya,
cicilan rumah, atau cicilan kendaraan kamu dan berbagai macam cicilan lainnya.
Dengan mengetahui semua ini, kamu bisa memperhitungkan kisaran pengeluaran yang harus dikeluarkan.

2. Buat Perencanaan Keuangan

Setelah kamu tau semua sumber pengeluaranmu. sekarang saat nya membuat perencaan dan mengatur keuanganmu. Aturlah semua uang yang kamu punya,kemana uang itu akan digunakan atau berapa banyak jumlah uang yang harus kau keluarkan untuk memenuhi segala kebutuhannya dan membayar semua berbagai macam tunggakan dan cicilan. Dan tidak lupa sebaiknya selalu sisipkan uang mu itu untuk keperluan yang tak terduga. Kamu juga bisa sisipkan uang untuk bersenang-senang atau liburan bersama keluarga. Karna pasti strees juga kan

3. Belajar Menabung Bersama

Menabung merupakan hal penting loooh. Namun kebanyakan dari kita tak begitu mementingkannya.
Dengan menabung kita akan merasa aman dan keuangan kita lebih stabil.
Trik menabung sebaiknya kamu sisipkan uang gajihmu/pendapatan suamimu saat pertama sebelum uang itu lari entah kemana. Trik ini agar saat kamu membayar semua tagihan,cicilan atau berbelanja kebutuhan kamu sudah lebih awal menabungnya. Karna kan wanita kalau berbelanja jadi lupa diri deh... Apalagi liat yang diskon. Jadi sebaiknya tabunglah dari awal. Untuk jaga-jaga.
Kamu juga bisa mengajarkan buah hati belajar menabung sejak dini. Misal ketika dia menginginkan sesuatu kamu bisa menyarankannya untuk menyisipkan uang jajannya untuk ditabung hal ini agar dia lebih menghargai uang tersebut,dan sadar akan pentingnya menabung Bisa jadi kebiasaan yang baik juga looh. Tapi kamu juga bisa diam-diam menambahi uang tabungannya tersebut. Karna kan hanya sebagai pembelajaran saja bukan sebagai tekanan. Sehingga dibalik menabung itu dia tetap bisa menikmati uang jajannya.

4. Membedakan Keinginan Dan Kebutuhan

Tak selamanya yang kita inginkan adalah apa yang memang kita butuhkan. Terkadang saat kita menginginkan sesuatu kita tidak tahu apakah sesuatu itu benar-benar kita butuhkan atau tidak.
Maka dari itu sebaiknya kamu harus pintar-pintarlah dalam membedakannya, Kebutuhan dan keinginan memang aga beda tipis sih....
Cara membedakannya cukup mudah biasanya yang kamu inginkan tak begitu kamu butuhkan jadi sebaiknya kamu pilihlah keinginan yang bisa dibuat sebagai kebutuhan juga. Cara lainnya kamu bisa membuat daftar antara keinginan dan kebutuhan, dan setelah kamu sudah mendapatkannya kamu bisa ceklis deh. Tapi usahakan kebutuhan dulu yaa baru keinginanmu. Perlu diingat juga jangan sampai berlebihan, kamu juga harus sadar atas pedapatanmu/suami mu atau dan pengeluaran yang memang harus kamu sesuaikan juga.

5. Hindari Hutang

Aduuuuh pusing deh kalo mikirin yang satu ini. Tapi kamu gaperlu takut banyak ko tips nya sebaiknya kamu memang harus benar-benar merencanakan keuangan mu antara pendapatan dan pengeluaran harus kamu sesuaikan. Karna jika tidak udah deh bakal terpaksa cari pinjeman untuk menutupi kebutuhan kamu. Atau kamu tergiur barang diskon jadi punya tunggakan kredit, atau berbagai macam cicilan lainnya.
Hutang,cicilan,tunggakan tiba karna adanya sebuah keinginan dan kmu merasa menyanggupinya. Sebetulnya jika saat kamu merasa mampu pun memang bisa saja sih namun jika tiba-tiba ada kendala seperti pengeluaran yang tak terduga bisa membuat rencana keuanganmu sedikit bergoyang. Maka dari itu disarankan menabung. Hal penting dalam menabung begitu banyak salah satunya untuk memenuhi keinginan kamu itu atau menutupi segala kebutuhan yang tak terduga tersebut.

6. Tetapkan Target Keuangan Jangka Panjang

Hal ini kamu lakukan agar kamu memiliki cita-cita yang harus kamu capai di masa depan. Misalkan kamu menetapkan bahwa dalam 10 tahun ke depan, kamu sudah harus memiliki uang di tabungan sebesar Rp100 juta, dengan memiliki target, kamu bisa lebih fokus dalam mengatur keuangan dan meminimalisir pemborosan.

7. Mulai Berinvestasi

Sebagai keluarga, kamu harus mulai memikirkan bagaimana kehidupan kamu di masa depan. Mulai pikirkan rencana keuangan kamu dalam jangka panjangnya. Mulai berinvestasi menjadi jawabannya. Terdapat banyak cara untuk berinvestasi, yaitu dalam bermain saham, membeli emas, dan membeli properti. Carilah produk investasi yang sesuai dengan kondisi kantong kamu, tetapi juga pastikan investasimu menguntungkan. Dan jika kamu berinvestasi saham pada atau bersama orang lain pilih lah yang terpercaya yang memang benar-benar bisa diajak bekerja sama bukan merauk untung sendiri
nah sekian lah tipsnya semoga bermanfaat dan dapat sedikit membantu

" Semangat Yaa ibu-ibu, Pintar-pintar mengatur uang bisa bikin suami makin cinta looooh haha "


#tips #kumpulantips #tipsbermanfaat #jualgamismuslim #jualrok #jualcelanakulot #palazzopants #khimar #hijabi #hijabers #hijabstuff
 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top