Assalamualaikum...
Semoga keberkahan dan keselamatan selalu mengiringi setiap langkah kita.

Sahabat muslim-muslimah... Usaha dan ikhtiar merupakan keperluan tapi doa pun wajib. Maka saat kita berusaha dan berikhtiar iringi pula dengan doa agar keduanya selaras.

Dalam kehidupan ini sering kita jumpai berbagi usaha dan ikhtiar dan segala kemungkinannya.
Kemungkinan pertama, sering kali kita temui orang berusaha dan berhasil. Kemungkinan kedua, ada juga orang yang berusaha keras tapi kemudian hasilnya tidak memuaskan atau tujuan nya tidak tercapai. Yang ketiga, walaupun aga jarang atau usaha yang dilakukannya tidak begitu keras tapi justru dia berhasil. Yang terakhir yang sering kita jumpai orang tidak berusaha dan ia tak berhasil.

Jadi pada intinya keempat fakta di atas menjelaskan bahwa keberhasilan yang kita dapatkan belum tentu berbanding sejajar dengan apa yang telah kita usahakan.

Jika hal ini menjadi keyakinan kita, maka kita akan cenderung tidak akan mau menerima segala bentuk kegagalan. Karna kegagalan yang sebenarnya adalah saat kita berusaha tapi kita mendapatkan hasil yang tidak sesuai kemudian kita justru putus asa. Karna keputus asaan ituhlah kita gagal bukan karna hasil yang kurang memuaskan.
Tentunya yang harus kita yakini adalah kita hanya berkewajiban berusaha, berusaha dengan segenap kemampuan untuk mencapai setiap tujuan. Kemudian setelah kita berusaha maksimal , hasilnya kita serahkan kepada yang maha kuasa.

Dan tentunya tidak lupa dalam berusaha dan berikhtiar iringi lah hati dengan niat hanya mencari keberkahan dan keridhoan Allah SWT. Dan keberkahan ituhlah yang mengantarkan kita menuju kebahagiaan dan kelapangan dada dalam menerima hasil dari segala bentuk usaha.

Konsep yang harus kita tanamkan dalam berusaha yakni " LA HAULA WA LA QUWWATA ILA BILLAH ". Tiada daya dan kekuatan selain daya dan kekuatan milik Allah.

Maka jika konsep ini sudah tertanam didalam jiwa kita, ketika berhasil kita tidak lantas sombong dan tidak lupa diri.  Tetapi justru segera mengingat Allah dan mengucapkan syukur atas segala nikmat dan berkah-Nya. Sebaliknya, ketika kita gagal kita tidak lantas menjadi putus asa, menganggap kegagalan sebagai akhir dari segalanya. Tetapi kita lantas segera muhasabah, intropeksi diri mencari penyebab kegagalan untuk perbaikan dimasa yang akan datang.
Sambil mengingat bahwa semua cobaan datang dari Allah, dan dibalik kesulitan maupun kegagalan pasti tersimpan keberkahan dan terdapat hikmah kebaikan.

Yakinlah bahwa walaupun kita gagal , usaha yang telah kita lakukan akan dilihat dan dinilai sebagai suatu kebaikan disisi Allah. Karna kegagalan yakni sebuah pembelajaran menuju lebih baik.

Sebuah hadist menjelaskan kepada kita. Bahwa seandainya kita memiliki pengetahuan yang sangat jelas bahwa esok akan datang kiamat, sedangkan ditangan terdapat sebuah biji kacang dan kita dilarang membuang nya. Tetapi kita di suruh untuk menanamnya sedangkan esok sudah jelas akan kiamat. Bukan hasil yang dilihat Allah SWT melainkan jerih payah kita dalam menanam biji kacang itu lah yang di catat sebagai kebaikan

Sekali lagi mari kita tanamkan konsep " LA HAULA WA LA QUWWATA ILA BILAH"  didalam bentuk setiap usaha. Dan bulatkan tekad dan niat semata-mata hanya mencari berkah dan ridho Allah. Agar apa yang telah kita dapatkan menjadi berkah dan didalamnya telah Allah ridhoi

Wassalamualaikum, Semoga dapat bermanfaat

#usahadanikhtiar #tausyiah #mencarikeberkahan

 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top