Belanja bulanan memang sudah menjadi suatu rutinitas bagi semua orang. Namun, disaat yang bersamaan, masih banyak orang yang mengalami 'kebobolan' saat belanja bulanan. Gak jarang belanja kebutuhan bulanan malah mengahabiskan 60 persen dari total penghasilan. Duh, bisa-bisa budget untuk kebutuhan lain jadi berkurang bahkan terpakai dong!

Kenyataannya, karena merasa uang di rekening masih banyak, hasrat membeli keinginan sering jadi masalah dan bikin budget belanja bulanan kebablasan deh! Jika hal ini jadi kehabisan, bakal bisa merusak budget kebutuhan lain dong. Coba tata ulang strategi belanja bulanan kamu supaya kebutuhan lain gak terganggu.
Berikut 6 trik bulanan yang bisa kamu coba agar kantong gak kebobolan :

1. Ubah waktu belanja

Belanja bulanan di awal bulan biasanya padat pengunjung, seringkali bikin mood belanja jadi jelek ya!
Waktu favorit kebanyakan orang belanja bulanan terjadi di awal bulan, saat di mana sebagian besar karyawan sudah gajian. Kebiasaan ini gak hanya bikin jalanan lebih macet, tapi juga bikin sepermarket jadi lebih padat pengunjung.
Kamu gak harus memaksakan belanja bulanan sekali saja di awal bulan kok! Karena seringkali troli belanjaan bakal penuh dengan barang-barang yang sebenarnya gak terlalu dibutuhkan. Bagi waktu belanja bulanan jadi sekali dalam 2 minggu atau seminggu sekali.

2.  Tentukan budget

Besar budge ideal yang bisa dialokasikan untuk belanja bulanan kamu adalah maksimal 30 persen dari total penghasilan setiap bulan. Kalau kamu ingin kondisi finansial gak terganggu ya harus disiplin dengan budget ini.
Pikirkan saja bahwa masih banyak kebutuhan lain yang juga sama pentingnya dengan belanja bulanan. Gak mau budget uang sekolah anak atau budget untuk bayar tagihan kartu kredit jadi ikut terpakai kan?
Menentukan budget belanja bulanan penting banget kalau gak mau kantong jebol.

3. Pola belanja

Di awal sudah disebutkan tentang mengubah waktu belanja. Nah, perubahan waktu belanja semisal menjadi sekali dalam 2 minggu bukan berarti budget jadi lebih besar dari 30% ya. Ini artinya kamu membagi dua kebutuhan bulanan.
Contoh, dahulukan belanja barang-barang kebutuhan mandi, cuci baju, cairan pembersih lantai dan sejenisnya ditambah dengan bahan-bahan makanan kering atau kemasan yang tahan lama. 
Untuk bahan-bahan makanan yang fressh dan gak tahan lama seperti sayur., buah, ikan, daging dan sejenisnya bisa saja dilakukan sewaktu-waktu saata akan digunakan. Berbelanja produk makanan segar di pasar-pasar tradisional juga opsi yang bagus. Selain harga lebih murah, kualitasnya juga bagus lho!
Ingat ya! utamakan barang-barang kebutuhan primer yang di beli 

4. Buat daftar belanja

Wajib hukumnya untuk membuat daftar baang-barang kebutuhan sebelum pergi berbelanja. Tanpa daftar belanja, pikiran dan imajinasi kamu bisa liar dan berakhir dengan satu troli penuh barang-barang yang hanya akan berakhir terbuang sia-sia di tempat sampah.
Daftar belanjaan akan 'memaksa' kamu untuk disiplin dalam mengontrol budget belanja. Sekedar cuci mata saja sih gak apa-apa kok, tapi kalau mental kamu belum sekuat itu lebih baik fokus.
Jangan lupa juga untuk memasukkan daftar bahan makanan yang memang benar-benar biasa dan akan kamu konsumsi. Seleksi lagi deh mana yang biasanya hanya akan berakhir kadaluarsa di lemari penyimpanan. Jangan hanya lapar mata!
Satu lagi nih supaya disiplin dan mengontrol pengeluaran belanja bulanan, selalu buat daftar belanja!

5. Jangan berbelanja saat perut kosong

Salah satu cara agar kamu terhindar dari belanja boros adalah, jangan berbelanja dengan keadaan perut lapar. Memang kenapa? Saat kamu lapar, berada dalam supermarket yang penuh dengan produk makanan bakal bikin kamu lapar mata dan beli ini beli itu.
Selain itu, berbelanja adalah aktivitas yang cukup menguras energi. Jadi, saat kamu gak punya bahan bakar dalam tubuh, belanja bisa jadi gak fokus dan ingin cepat selisai. Mungkin terdengar sepele ya, tapi sebenarnya sangat krusial loh!
Sebelum pergi belanja, biasakan mengisi perut dulu supaya ada energi ya!

6. Getol cari info promo 

Gak salah kok rajin cari informasi tentang promo produk. Selain bisa enghemat pengeluaran, sebagai customer jadi bisa memaksimalkan hak. Apalagi kalau ternyata produk yang sedang promo itu adalah produk yang memang kita butuhkan.
Keuntungan lain dengan berbelanja produk promo adalah, kamu bisa beli dalam jumlah lebih banyak tanpa melampaui budget.
Di setiap supermarket pasti ada promo, harus jeli dong kalau mau menghemat budget!

Hal-hal kecil yang sering kita anggap sepele ternyata bisa memberi dampak yang cukup berpengaruh pada kondisi keuangan ya. Belanja bulanan memang waji, tapi bukan berarti bebas dan over budget terus dong ya!
Mulai sekarang coba lebih disiplin dan teratur deh dalam merencanakan belanja bulanan. Intinya, gak perlu ikut-ikutan gaya berbelanja oranglain. Karena masing-masing keluarga punya kebutuhan yang berbeda.

So, tentukan deh pola gaya belanja bulanan mu sendiri. Pastinya yang bikin kamu dan keluarga happy tanpa bikin kantong kebobolan!

Itu lah 6 trik belanja bulanan dari Griya Raditya, semoga bermanfaat :)
SMS/WA : 081372507000
PIN BB    : 7FC8A1E9

Jangan lupa untuk melihat keleksi dari Griya Raditya di :
Web : www.griyaraditya.com
          gamismuslimonline.com
Fp     : Griya Raditya
G+    : +Griya Raditya



#tips #tipsbelanja #hemat #gamis #bajugamis #grosirgamis #jualgamis #belanjabulanan #almira #gamiscantik #gamismurah #koleksigamis #burberry #jersey