Assalamualaikum ..

Ramadhan akan segera tiba, persiapan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambutnya? Simak paparannya berikut ini ya...

Bulan Ramadhan merupakan salah satu nikmat sangat agung yang diberikan kepada umat Islam untuk mendapat ampunan dan rahma Allah SWT. Di bulan Ramadhan seseorang membutuhkan bekal intelektual dan pengetahuan yang cukup untuk bisa menjadi orang yang bershaum sesungguhnya agar bukan sekedar menahan lapar dan haus. Seseorang juga membutuhkan kecerdasan emosional yang memadai untuk tetap dapat berjiwa seimbang meski dalam kondisi lapar dan lemah.
Karena itu, latihan mengendalikan emosi dan syahwat harus dimulai sebelum memasuki gerbang Ramadhan. Persiapan fisik yang cukup juga perlu dipersiapkan agar jasad tetap dalam kondisi prima saat menjalani shaum, menyesuaikan pola makan, pola tidur, dan istirahat sesuai bulan Ramadhan juga dapat diperjelaskan sebelumnya.
Insya Allah Ramadhan akan segera tiba, oleh karenanya ada 4 hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, apa saja 5 persiapan tersebut?

  1. Mempersiapkan Nurani (Ruhiyah)
  2. Mempersiapkan Ilmu Ramadhan (ilmiyah)
  3. Mempersiapkan Fisik (Jasadiyah)
  4. Mempersiapkan Harta (Persiapan Maliyah)
  5. Jangan Lupa, Perbarui Taubat!
Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kata "marhaban" diartikan sebagai "kata seru untuk menyambut atau menghormati tamu (yang berarti selamat datang).
Marhaban terambil dari kata rahb, berarti "luas" atau "lapang", sehingga marhaban menggambarkan bahwa tamu tersebut dan diterima dengan lapang dada, penuh kegembiraan serta dipersiapkan baginya ruang yang luas untuk melakukan apa saja yang diinginkannya. Dari akar kata yang sama dengan "marhaban", terbentuk kata rahbat yang antara lain berarti "ruangan luas untuk kendaraan, untuk memperboleh perbaikan atau keutuhan pengendara guna melanjutkan perjalanan." Marhaban ya Ramadhan berarti "Selamat datang Ramadhan" mengandung arti bahwa kita menyambutnya dengan lapang dada, penuh kegembiraan. Tidak dengan menggerutu dan menganggap kehadirannya "mengganggu ketenangan" atau suasana nyaman kita.
Marhaban ya Ramadhan, kita ucapkan untuk bulan suci itu, karena kita mengharapkan agar jiwa raga kita diasah dan diasuh guna melanjutkan perjalanan menuju Allah SWT.

Wahai kaum muslimin. Mari kita persiapkan diri kita dengan memperbanyak amal shalih di dua bulan ini. Rajab dan Sya'ban, sebagai modal awal untuk mengarungi bulan Ramadhan yang akan datang sebentar lagi.

Ya Allah mudahkanlah dan bimbinglah kami. Aamiin
Nah itu dia pemaparan tentang persiapan Ramadhan .. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya..

Artikel ini ditulis ulang oleh Griya Raditya
SMS / WA 081372507000
Pin BB 7FC8A1E9
Line @griyaraditya (http;//line.me/ti/p/%40griyaraditya)

#menyambutdatangnyabulanramadhan  #ramadhan1437H  #persiapanramadhan  #ramadhanberkah  #bulansuciramadhan  #mukena #mukenaalmirabunga  #mukenacantik  #mukenamurah
 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top