Assalamualaikum .. ketemu lagi di seri Mengenal Jenis Jahitan Pada Pakaian. Kali ini kita akan membahas tentang jahitan tepi yang disebut jahitan Neci / Wolsom.

Pernah dengar istilah wolsom? sepertinya yang mengenal istilah wolsom hanya di daerah tertentu y he he .. lebih umum sih dikenal dengan nama jahit neci. Jahit neci biasa digunakan untuk  finishing kain di bagian pinggir. Hasilnya pada bagian pinggir kain akan terlihat garis gulungan benang yang cantik, seperti pada foto di bawah ini.


Finishing seperti ini biasa terlihat pada produk jilbab/ pashmina dan mukena. Tetapi tidak semua bahan bisa difinishing menggunakan jahitan seperti ini. Agar jahitan rapat dan kuat, struktur kainnya harus rapat juga. Jika serat kain mudah patah seperti pada kain sifon / hykon, terkadang hasil necian akan mudah lepas.

Untuk mendapatkan hasil neci yang bagus tidaklah mudah. Settingan pada mesin neci sangat mempengaruhi hasilnya. Penampilan mesin neci sendiri bisa dilihat  pada foto di bawah ini :


Terkadang konveksi yang kurang bagus akan menggunakan settingan obras rapat untuk menggantikan mesin neci. Terus terang harga sebuah mesin neci tidaklah murah, sementara pemakaiannya hanya pada model tertentu saja. Jadi daripada mereka invest pada mesin yang jarang dipakai, mereka menyulap mesin obras menjadi neci biasa. Tentu saja kualitas hasilnya jauh berbeda.

Jadi perlu diingat y .. proses finishing juga menentukan kualitas dan harga produk. Model sama, bahan sama tapi kalau dikerjakan dengan finishing yang berbeda hasilnya akan berbeda pula.

Semoga artikel ini dapat menambah sedikit pengetahuan bagi teman2 semua. Sampai ketemu lagi pada seri selanjutnya y

Oh y buat yang mau kepo2 hasil jahitan GRIYARADITYA, cuss langsung aja ke
WEB : www.griyaraditya.com
IG      : Griyaraditya
FP      : Griya Raditya
G+     : +Griyaraditya

buat yang mau langsung order bisa ke salah satu toko kami di
https://tokopedia.com/griyaraditya
https://shopee.co.id/griyaraditya

Atau bisa kontak kami di
WA        : 081372507000
PIN BB : D21D72DC
LINE     : @griyaraditya (https://line.me/R/ti/p/%40griyaraditya)

#artikel #neci #jahitanneci #mengenaljahitan #wolsom #jahitanwolsom #jahitneci #mesinneci #mesinwolsom #griyaraditya #almira

0 comments:

Posting Komentar

 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top