Assalamualaikum,

Sebetulnya sudah lama sih pengin daftarin hak merek ke kantor HAKI .. tapi kok masi maju mudur. Kebetulan di grup BOC (Buzztheday Online Class) Buzztheday.com,  kapan hari ada sharing dari mas Erick Saropie tentang pendaftaran Hak Merk. Dengan gangguin om Deka dari Nubi dan Ristianty Mentari akhirnya berkas2 dikompletin.

Untuk langkah awal kita harus cek dulu ke http://e-statushki.dgip.go.id/ , nah cek di bagian merek ya kemaren mimin ga teliti yang dilihat malah bagian paten hiks.



Nah kalau merek yang akan kita ambil masi tersedia, kita cek kelas barang yang kita produksi. Untuk klasifikasi kelas bisa di cek di http://skm.dgip.go.id/ .. untuk pakaian masuk ke kelas 25. Dari situ nanti ada jenis2 nya lagi. Nah merek yang akan kita daftarkan nanti mencakup apa saja bisa dirinci dari situ.

Kalau sudah, kita siapkan berkas2 untuk pendaftaran ke Dirjen HAKI. Kalau di Bandung alamatnya ada di Jln Jakarta no 27. Berikut adalah daftar yang harus kita siapkan :



Kalau untuk personal ga pake NPWP gpp kok .. fotocopy KTP aja bole. BTW nama online shop juga bole lho kita daftarin.

Nah kl dah lengkap, kita ke kantor HAKI trus kasi deh ke ibu yang jaga di konter. Nanti sama si Ibu, berkas2 kita akan dicek dan kita diminta membayar Rp 2.000.000 ke bank BRI. Lewat teller y soalnya kalau transfer rd ribet urusannya.

Ga jauh kok .. tinggal nyebrang dah ada kantor bank BRI nya. Kalau sudah dapat bukti transfer, kita balik lagi ke kantor HAKI, serahkan bukti transferan tadi ke si ibu. Tunggu 1 jam dan holla kita dah dapat bukti pendaftaran merek. Ini baru bukti lho y .. prosesnya masi rada panjang lagi he he ..tapi paling ga kl sdh didaftarkan merek kita akan aman asal bener belum ada yang pernah pake.




Nah, kl kasusnya kaya merek Almira yang sudah dipake orang gimana ?? ya balik lagi ke start awal :

  • Bikin merek baru yang belum pernah dipake orang 
  • Cek berbagai test penyebutan 
  • Cek juga di https://namechk.com/ dan https://who.is/ untuk mengetahui ketersedian domain sesuai merek yang diinginkan.
langkah terakhir tuh perlu banget lho ..jangan sampe domain merek yang kita inginkan ternyata diambil orang .. bisa repot nanti. 

Nah semoga artikel ini bisa bermanfaat y .. kl ngurus langsung sendiri biayanya total 2jt + materai 6rb + map hijau he he kl lewat jasa tergantung masing2 .. Kadang  dari dinas suka ada acara pendaftaran merek gratis ato disubsidi .. terutama buat UMKM .. nah bisa tuh manfaatin acara kaya gitu .. lumayan banget kan 


Oh y buat yang mau kepo2 produksi GRIYARADITYA, cuss langsung aja ke 
IG      : Griyaraditya
FP      : Griya Raditya
G+     : +Griyaraditya

buat yang mau langsung order bisa ke salah satu toko kami di 

Atau bisa kontak kami di 
WA        : 081372507000
PIN BB : D21D72DC
LINE     : @griyaraditya (https://line.me/R/ti/p/%40griyaraditya)

ditunggu y 



Bandung, 10 maret 2017
Ully untuk Griyaraditya 081372507000

PS : makasih banyak untuk Om Deka dari Nubiworld dan Ristianty Mentari 

#pendaftaranmerek #alurpendaftaranmerek #caramendaftarakanmerek #HAKI #artikel #merek #caramendaftarkanmerk #alurpendaftaranmerk #pendaftaranmerk

0 comments:

Posting Komentar

 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top