Sahabat, saat ini kita tengah melalui bulan Dzulhijah, salah satu bulan2 yang dimulyakan oleh Allah.
Diriwayatkan dari Ibnu `Umar RA bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:
 
    ما من أيامٍ أعظمُ عندَ اللهِ ولا أحبَّ إليه العملُ فيهنَّ منهذهِ الأيامِ العشرِ فأكثروا فِيهنَّ من التهليلِ والتكبيرِ والتحميدِ
 
    “Tidak ada hari yang lebih besar di sisi ALLAH dan lebih dikasihi olehNYA dilakukan amalan pada hari tersebut lebih dari hari-hari yang sepuluh ini (10 hari awal bulan Dzulhijjah). Maka perbanyakkanlah padanya bertahlil, bertakbir dan bertahmid.”  

    (HR Ahmad.  Sanadnya sahih)

Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita perbanyak amalan-amalan sunnah di 10 hari awal bulan Dzulhijah , diantaranya adalah : 


Waktu-waktu disunahkan untuk berpuasa adalah pada awal Dzulhijah selain pada hari Nahr ('Idul Adha). Karena hari Nahr tersebut adalah hari raya, maka kita diharamkan untuk berpuasa. Sedangkan tanggal 9 Dzulhijah dan hari-hari sebelumnya (1-9 Dzulhijah) disyari'atkan untuk berpuasa.
     
      Dalil keutamaan puasa pada awal Dzulhijah adalah hadits dari Hunaidah ibn Khalid, dari istrinya, beberapa istri Nabi mengatakan: "Rosulullah ' biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzhulhijah, pada hari 'Asyura' (10Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, ... " (HR Abu Dawud no. 2437)
 
      Bagi orang yang tidak berhaji dianjurkan untuk menunaikan puasa Arafah yaitu pada tanggal 9 Dzulhijah. Hal ini berdasarkan hadist Abu Qatadah, Nabi bersabda:
     " Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu. " (HR Muslim no.1162) 


       Disunnahkan membaca tahmid, takbir, tahlil dan tasbih di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dan mengeraskan bacaannya tatkala di masjid, di rumah, di jalan-jalan dan setiap temapat yang diperbolehkan untuk berdzikir kepada Allah.
 
Demikian ini dilakukan untuk menampakkan syiar ibadah, mengagungkan Allah Ta'ala. Mengeraskan bacaan ini hanya dilakukan oleh kaum laki-laki sementara perempuan cukup dengan suara yang lirih.


Ibadah haji adalah salah satu rukun islam yang hanya bisa dilaksanakan di bulan Dzulhijah ini.Rosulullah bersabda yang artinya, "Islam atas 5 perkara" di antaranya "berhaji ke baitullah" (HR Bukhari dan Muslim).

Siapa yang Allah beri taufiq untuk menunaikan ibadah haji di rumah-Nya dan melakukan syarat-syarat serta rukun-rukun haji sebagaimana yang dituntunkan syariat maka insyaallah dia termasuk oarang yang disebutkan Rosulullah shallallahu'alaihi wasallam dalam hadist berikut, "Haji yang mabrur tidak ada balasannya kevuali surga'.
1.    

Berdasarkan dalil dari al-Qur'an surat al-Hajj [22]: 36-37 dan surat al-kautsar ayat 1-3 " Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah, Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus." (QS al-Kautsar [108]:1-3)

Ketentuan khusus bagi shahibul qurban, yaitu dilarang mencabut atau memotong rambut dan kuku bagi orang yang hendak berqurban. Diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya, dari Ummu Salamah bahwa Nabi Muhammad bersabda: "jika kamu melihat hilala bulan Dzulhijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya". Dalam riwayat lain:" Maka janganlah ia mengambil sesuatu dari rambutnya atau kukunya sehingga ia berkurban". 

Hal ini, mungkin, untuk menyerupai orang yang menunaikan ibadah haji yang menuntun hewan qurbannya. Firman Allah:“…dan jangan kamu mencukur (rambut) kepalamu, sebelum kurban sampai di tempat penyembelihan…”. (QS al-Baqarah [2]: 196).

Larangan ini hanya dikhususkan bagi orang yang berqurban saja, tidak termasuk istri dan anak-anaknya, kecuali jika masing-masing dari mereka berqurban dan diperbolehkan membasahi rambut serta menggosoknya, meskipun terdapat beberapa rambutnya yang rontok.

Semoga tulisan ini dapat mengingatkan kita kembali akan amalan di bulan Dzulhijjah dan melaksanakan amalan sebaik-baiknya.

 Disunting oleh 
@Griyaraditya 081372507000 / 7FC8A1E9
Produsen Hijab Outfit Kualitas Butik Harga Menarik, 
dari berbagai sumber.





 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top