http://www.griyaraditya.com/

Semakin hari semakin banyak dari kita yang terlena  dengan pembelian online. Tak perlu susah payah dandan rapi buat pergi keluar. Cukup dari rumah, kantor atau dari mana saja asal ada jaringan internet terus klik klik, transfer, bayar, duduk manis menunggu paket datang. Apalagi dengan masalah macet yang melanda hampir semua kota besar di Indonesia. Belanja online tambah bersinar.

Namun demikian pembelanja online harus cerdas dalam menyikapi prilaku belanja online ini. Jangan sampai barang yang sudah dibeli nangkring di gudang karena tidak sesuai perkiraan. Baik itu dari sisi kualitas barang, ukuran, warna, model dll.

Nah, apa saja yang harus kita ketahui sebelum transfer?

1. Ketahui track record olshop nya ... Jangan tertipu dengan olshop abal2. Liat testimoninya dan keterangan penunjang lain.

2. Tanyakan sejelas-jelasnya spek barang yang diinginkan. Harus diingatkan ini adalah "hak" konsumen .. kalau olshop berpendapat anda adalah customer yang cerewet ya bagaimanapun juga 'pembeli adalah raja'. He he .. Mending cerewet daripada kecewa.

3. Beli sampel dulu .. cukup 1-2 barang untuk pembelian pertama. Mengapa? Supaya kita mengetahui karakteristik bahan yang digunakan. Ingat, dalam belanja online kita tidak mengetahui fisik barang, baik itu kain yang digunakan maupun jahitannya. Jangan tertipu foto.

4. Tetap rasional ... jangan tergoda dengan harga murah. Bagai manapun juga ada kalimat 'ada harga ada rupa' masih sering berlaku. Tapi tidak menutup kemungkinan anda memperoleh barang bagus dengan harga murah kalau anda mendapatkannya langsung produsen, atau memperoleh barang murah tapi harga mahal karena anda membelinya dari reseller ke 10 misalnya ... he he

5. Tanyakan resi pengiriman. Untuk olshop besar terkadang resi pengiriman akan diberikan pada h+1 setelah barang dikirim.

6. Terakhir keep kontak dengan penjual sampai barang diterima. Kalau barang bagus anda repeat order atau barang tidak memuaskan anda bisa komplain :)

Yuuukk jadikan kita pembelanja yang smart ... teliti dulu sebelum membeli!!!

https://plus.google.com/+GriyaRaditya

0 comments:

Posting Komentar

 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top