Cara Mudah Mengukur Gamis

Di era serba online ini membeli dan memesan baju sudah tidak memerlukan tatap muka lagi. Pembeli bisa dengan mudah melihat foto yang terpasang, mentransfer sejumlah uang dan hollaaa ... beberapa hari kemudian baju sudah siap dikenakan.

Masalahnya, hampir semua baju yang dibuat oleh konveksi ukuran sudah disediakan. Biasanya dalam ukuran standar s,m,l dan xl. Atau yang paling sering dijumpai adalah baju hanya tersedia dalam ukuran all size. Lalu bagaimana dengan yang memiliki problem ukuran badan, semisal dada ukuran m tapi tinggi 175 ? atau dada xl tapi tinggi badan 153 ??

Nah, beberapa olshop termasuk griya raditya,  menyiasati dengan menerima order ukuran custom size dalam bentuk PO (purchase order). Biasanya pembeli diwajibkan mentransfer sejumlah uang sebagai dp dulu atau langsung dilunasi, sebelum pesanan dikerjakan. Waktu pengerjaannya lebih lama, ada yang 1 minggu sampai 1 bulan. Pihak olshop akan menjanjikan gamis yang diterima oleh pembeli sesuai dengan ukuran yang diminta. Ingat ya .. intinya ada di kalimat "sesuai ukuran yang diminta" . Kebayang kalau pembeli salah memberikan ukuran kan? Bisa jadi baju yang sudah dibayar tidak bisa dikenakan .. sayang sekali!

Jadi bagaimana solusinya?? kalau ada penjahit baju yang dekat rumah tentu mudah sekali .. tinggal minta diukur. Kalau tidak ada penjahit dekat rumah? ya harus belajar ukur sendiri he he .. Mudah kok. Kita ikuti aja cara2nya y

Yang pertama kita butuhkan tentu saja meteran .. kalau meteran tidak ada bisa diakalin  .. pakai tali aja .. nanti talinya bisa diukur pakai penggaris. Pokoknya tak ada rotan akar pun jadi  he he

Ada 5 minimal ukuran yang kita butuhkan untuk membuat gamis :
A. Lingkar Dada
Ukur melingkar dari bawah ketiak sampai dada yang menonjol. Biasanya untuk dewasa mulai dari dari 90 (kurus) -125cm (gemuk)
B. Panjang Gamis
Ukur dari pundak atas dekat leher sampai mata kaki. Untuk dewasa sekitar 120cm (pendek) sampai 140cm (jangkung).
C. Panjang Lengan
Ukur dari pundak sampe pergelangan tangan sekitar 50-60cm.
D. Lebar bahu
Ukur dari belakang, dari ujung bahu kanan sampe bahu kiri sekitar 36-45cm.
E. Lingkar Pergelangan Tangan
Ukur melingkar pergelangan tangan sekitar 16-24cm.

Selain itu ada satu hal lagi yang patut diperhatikan, yaitu jenis bahan. Bahan untuk kaos berbeda ukuran dengan bahan katun. Tapi hal ini akan kita bahas di artikel berikutnya y ..

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu teman2 dalam membeli gamis.

salam
griya raditya
Fp : https://www.facebook.com/pages/Griya-Raditya-Almira
ig : @griyaraditya
web : griyaraditya.com
g+ : +griyaraditya
https://plus.google.com/+GriyaRaditya
#griyaraditya #pola #mengukurgamis #hijab #hijabers #busanamuslim #dress #fashion #hijabfashion #fashionista #hijabdaily #hijaber #hijabchic #membuatgamis #jahit #madetoorder #customsize #membuatgamis #polagamis #polabaju #bajumuslim


0 comments:

Posting Komentar

 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top