Assalmualaikum Wr. Wb

Dalam melaksanakan kegiatan apapun, persiapan merupakan sesuatu yang penting jika kita ingin mendapatkan hasil yang baik. Teristimewa ibadah haji yang mempunyai kedudukan tinggi dalam pandangan Allah SWT. Berdasarkan hadits Raulullah SAW yang akan memperoleh balasan surga adalah surga adalah haji mabrur. Predikat mabrur yang melekat pada kata "haji" tentu memerlukan upaya maksimal. Secara logika, haji mabrur tidak mungkin bisa diperoleh tanpa adanya usaha serius. Usaha tersebut tentu berbentuk persiapan yang harus kita lakikan sebelum kita berangkat ke tanah suci. Pada umumnya persiapan dalam rangka melaksanakan ibadah haji meliputi persiapan jasmani, rohani dan perlengkapan. Hal-hal yang berkaitan dengan persiapan haji dan umrah sebagai berikut :

A. PERSIAPAN JASMANI 

Ibadah haji berbeda dengan ibadah lainnya. Dalam pelaksanaannya melibatkan perpaduan antara kegiatan fisik dan metal. Bahkan tiga kegiatan haji mutlak memerlukan ketangguhan fisik yang prima, yaitu thawaf, sa'i, dan melontar jumrah. Untuk itu , setiap jemaah haji perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini
  1. Menciptakan dan memelihara kondisi fisik, agar tetap prima dengan memperlihatkan makanan yang seimbang.
  2. Melatih diri dengan berjalan kaki beberapa kilometer setiap pagi agar otot menjadi lentur. Membiasakan berjalan menjadi penting karena pada praktiknya ibadah haji dilakukan dengan berjalan.
  3. Melatih diri dengan berjalan di bawah terik matahari. Panas di daerah tropis sebenarnya belum seberapa jika dibandingkan dengan panas di Arab Saudi. Meskipun demikian latihan semacam ini dipandang cukup untuk menghadapi terik matahari saat menunaikan ibadah haji.
  4. Memeriksakan kesehatan kepada dokter atau rumah sakit terutama jemaah haji yang mempunyai penyakit khusus, seperti penyakit jantung, hipertensi, maag, asma, dan penyakit lainnya.
B. PERSIAPAN ROHANI

Dalam rangka berusaha memperoleh haji mabrur, maka kepada calon jemaah haji diharapkan dapat melakukan pendalaman sikap dan tabiat relijus berupa ikhlas, sabar, tolong menolong dan uang halal.
  1. Ikhlas
  2. Sabar
  3. Tolong-menolong
  4. Uang Halal
  5. Bersihkan Dan Sucikan Diri
  6. Bimbingan Haji
  7. Berdoa
  8. Membersihkan Hutang Piutang
  9. Bekal Untuk Keluarga
  10. Belajar Sholat Jenazah
Demikian sedikit Persiapan Menghadapi Haji Dan Umrah. Semoga bermanfaat 

Ditulis oleh :
Griyaraditya produsen hijab kualitas butik harga menarik 081372507000
Pin BB 7FC8A1E9

Koleksi lainnya bisa anda dapatkan di :
          gamismuslimonline.com
Fp    : Griya Raditya
Ig    : @griyaraditya
G+  : +griyaraditya 





#umrah #haji #persiapanumrah #jilbab #hijab #khimar #kerudung #jilbabjumbo #jilbabsyar'i #hijrah #hijabi #testimoni #jilbabumroh #longcardigan #gamisumroh #hijabumroh

0 comments:

Posting Komentar

 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top