MENGENAL KAIN SPANDEKS
 
oleh Griya Raditya produsen muslimah outfit berkualitas  SMS / WA 081372507000 Pin BB 79541d36


Dengan menjamurnya online shop saat ini, kita tidak perlu pergi ke toko atau ke pasar untuk membeli baju, celana dll. Cukup dengan klik dan fasilitas internet, kita tinggal duduk manis menunggu barang datang. Nah, masalahnya apakah barang yang kita terima sesuai dengan spek dan harga yang ditawarkan?? 

Sebagai pembeli yang cerdas, jika kita hendak membeli baju secara online, sebaiknya tanyakan secara lebih rinci bahan apa yang digunakan dan sifat-sifat bahannya. Perhatikan gambar di sebelah. Tanpa ada keterangan jenis bahan, dapatkan anda membedakan ketiganya? Hampir tidak kelihatan bedanya.

Kali ini kita akan membahas tentang spandek, jenis bahan yang naik daun sehubungan dengan menjamurnya kebutuhan akan busana muslim. Apa itu spandek dan sifat2nya.

Pertama yang kita tekankan adalah spandek bukanlah nama kain .. spandek adalah serat kain. Apa artinya? bukan nama kain , tidak seperti katun, poliester, rayon dll spandek bukanlah nama kain melainkan benang yang dapat menyebabkan serat kain lentur sehingga jika diukur dalam keaadaan biasa  kain panjang 10cm, tapi kalau ditarik dapat memanjang sampai 15cm tanpa merusak bahan. Dengan penambahan spandeks, kain yang semula mati (tidak strech) menjadi hidup (strech) jika ditarik.

Contohnya, serat denim dengan menambahkan serat spandeks akan mebuat bahan denim dapat melar sehingga menjadi denin spandeks. Serat rayon ditambah serat spandeks akan menjadi rayon spandeks. Serat katun ditambah dengan serat spandeks akan menjadi katun strech / katun spandeks.

Nah, harga dan karakteristik bahannya juga berbeda- beda. Saya kenalkan dengan 5 jenis spandek dulu:
  1. Spandek ballon sangat lentur adem, ringan dan nyaman dipakai. Biasanya digunakan untuk dalaman jilbab / ciput.
  2. Spandek sutra lebih adem kurang strech biasa digunakan sebagai mukena. Seratnya licin dan agak mengkilap.
  3. Spandeks jersey lentur, nyaman dipakai lebih tebal perawatannya mudah. Jika kita perhatikan ada tekstur garis2 di kain jersey.
  4.  Spandeks rayon atau lebih dikenal sebagai bahan kaos, tebal, adem menyerap keringat sangat nyaman dipakai tapi tidak dapat masuk mesin cuci dan lama kelamaan bisa mengubah ukuran dan permukaan kain menjadi agak berbulu.
  5.  Katun spandek karakternya  kain katun tapi dapat strech di satu sisinya. Adem dan nyaman dipakai. Mengikuti karakteristik kain katun,
Selain itu banyak sekali jenis kain spandeks lainnya. Next time kita lanjut lagi y .. jika ada pertanyaan silakan japri ke griyaraditya
SMS / Whatsapp 081372507000
Line ullygriyaraditya
Pin BB 79541d36

Untuk lebih jelas tentang pemakaian kain yang digunakan anda dapat melihat di album facebook griya raditya

www.griyaraditya.com



0 comments:

Posting Komentar

 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top