Saat ini, pasti kita jarang menemukan masyarakat yang memasak nasi menggunakan panci lalu dimasak di atas kompor. Mengapa jarang ya sahabat ?

Alasannya sederhana, karena cara menanak nasi semacam ini terbilang agak tradisional dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Proses memasak agak sulit untuk, tidak dapat ditinggal sejenak. Bisa dikatakan bahwa cara seperti itu sudah tidak praktis dan efisien lagi. Adanya alat memasak nasi yang bernama rice cooker menjadi terobosan teknologi.
Rice cooker mempermudah kita di dalam mengolah nasi, sehingga lebih praktis. Namun, setiap penemuan pasti ada kekurangannya, biasanya nasi yang dimasak menggunakan rice cooker akan lebih mudah basi.

nasibasi, rice cooker, penyebab nasi basi, griyaraditya, rok mermaid


Lalu, mengapa nasi yang dimasak menggunakan rice cooker lebih mudah basi?

Dikutip dari Prof. Mikrajuddin Abdullah seorang ahli fisika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menjelaskan dalam akun facebooknya yang bernama Mikrajuddin Abdullah “Istri saya selalu mengaduk nasi dalam rice cookes setelah nasi matang. Kalau tidak diaduk, nasi akan cepat basi.
Mengapa demikian? Karena setelah nasi matang, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi. Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi) dan prosesnya lama. Persaman difusi sama dengan persamaan suhu....”
“Akibatnya, kalau nasi tidak diaduk, maka air terperangkap cukup lama dalam nasi dan dapat menyebabkan nasi cepat basi.”

mencegah nasi basi, rok nafisa, rok panjang, nasi basi, griyaraditya


Gimana sih Cara mencegah nasi supaya tidak mudah basi??

Pada saat menggunakan rice cooker kita tidak pernah terlepas dari kendala berupa nasi mudah kering, nasi lebih cepat basi, dan masalah lainnya. Untuk mengurangi masalah tersebut, berikut tips dalam menggunakan rice cooker.

1.Cuci beras secara berulang supaya airnya terlihat bersih dan jernih, sebab air yang keruh bisa menjadi tanda kalau masih ada kotoran yang tersisa dan penyebab timbulnya bakteri.

2. Pastikan rice cooker yang digunakan berkualitas baik dengan dasar panci yang tebal, jangan sampai ada elemen yang rusak, dan pastikan tegangan listrik saat proses memasak tetap stabil.

3. Jangan membuka rice cooker ketika proses memasak. Hal ini dapat mengakibatkan uap yang ada di dalam keluar sehingga nasi yang dimasak tidak matang sempurna.
jangan lupa ketika nasi matang maka perlu dilakukan pengadukan supaya membuat ruang kosong antara butiran nasi. Hal ini dilakukan supaya nasi tidak kering dan hangus pada bagian bawah.

Sobat GR, mari kita perbaiki cara memasak dan jagalah kebersihan alat masak kita, supaya terhindar dari penyakit yang timbul akibat masalah tersebut. Nasi yang kita masak juga perlu dijaga kualitasnya supaya kita terhindar dari dosa karena menghambur-hamburkan makanan. Hal ini sangat tidak dianjurkan oleh Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat.

lihat rok2 cantik lainnya, bisa mampir ke :
Web : Griyaraditya 
Ig : Griyaraditya
Fp : Griyaraditya Almira  

#tipsmencegahnasibasi #penyebabnasibasi #nasibasi #memasakdenganricecooker #rokpanjang #roknafisa #rokmotif #rokmermaid #rokduyung #tipsmemasaknasiyangbaik #griyaraditya
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
GRIYA RADITYA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Google
Desain Oleh Ace~
Top